Senin, 06 Februari 2017

Fakta-Fakta Menarik Soal Kopi




Hai Sobat Leite,
Kita ketemu lagi di edisi kali ini. Nah, untuk edisi minggu ini, Mimin mau share-kan beberapa fakta menarik mengenai kopi dari laman http://distractify.com/old-school/2015/05/27/reasons-why-you-should-be-drinking-coffee-right-now-1197926615. Pas Mimin baca artikel ini beberapa hari kemarin, infonya benar-benar menarik lho.. Simak ya?

Nah, Sobat Leite, sebenarnya tubuh kita itu secara fisik memproduksi hormon kortisol yang membuat kita melek dan terjaga. Cuman hormon ini tidak keluar setiap saat. Ada “jadwalnya”. So, untuk kita yang punya kebiasaan ngopi setiap bangun tidur, diusahakan supaya ngopi gelas kedua di hari yang sama jangan terlalu berdekatan durasi waktunya. Bisa mubazir banget lho Sobat Leite.

1. Apakah kafein berpengaruh pada diuretik?
Sobat Leite, diuretik itu seringkali dimengerti sebagai suatu kondisi yang berkaitan dengan volume atau kualitas urin manusia. nah, ada banyak “gosip” yang bilang kalau kopi mempengaruhi diuretik manusia secara signifikan. Benarkah? Fakta menunjukkan bahwa kafein tidak mempengaruhi diuretik jika dikonsumsi dalam kadar yang normal (500-600 mg kafein/hari atau maks. 2 gelas kopi). So, kafein dalam kadar normal tidak akan mempengaruhi urin.

2. Efek kopi ternyata pertama kali diketahui dari “kambing gila”!
Wow Sobat Leite! Menurut ceritanya, ternyata efek kopi pertama kali diketahui di dataran Ethiopia, yaitu ketika ada kawanan kambing yang menjadi “gila” setelah memakan daun kopi. Gila di sini tentu bukan dalam arti sebenarnya. Kambing-kambing ini menjadi agresif dan sulit tidur.

3. Kopi membuat badan lebih sehat.
Sobat Leite, kopi ternyata mengandung banyak antioksidan yang membantu manusia melawan zat radikal bebas. Akibatnya, para peminum kopi lebih bisa terhindar dari penyakit seperti parkinson, diabetes dan juga serangan jantung. Tentunya dengan syarat bahwa para peminum kopi bukanlah perokok ataupun pemabuk.

4. Kopi bagus untuk membakar lemak tubuh.
Kabar gembira nih buat kita-kita yang berat badannya berlebih. Ternyata, kopi dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh sebanyak 3-11%! Metabolisme tubuh ini akan membakar lemak tubuh sehingga timbunan lemak di tubuh manusia bisa berkurang. Hmmm...

So, masih banyak lagi fakta menarik lainnya Sobat Leite. Tunggu apalagi? Yuk ngopi bareng Leite Coffee Co.?