Jumat, 17 Maret 2017

Perbedaan Kopi Arabica dan Kopi Robusta





Hallo Sobat Leite,

Kita ketemu lagi di sesi minggu ini. Sebagai penikmat, pengagum atau juga penjual kopi, Sobat Leite pasti tidak asing dengan Kopi Arabica maupun Robusta. Kedua jenis kopi ini sangat populer di lidah kita, terutama orang Indonesia Nah, lucunya, banyak dari kita yang belum paham perbedaan keduanya.

Berikut ini kami akan membagikan perbedaan antara Kopi Arabica maupun Robusta yang kami rangkum dari beberapa sumber (www.brilio.net dan www.kabarkopi.com) :
  1. Rasa: Kopi Robusta terkenal memiliki rasa yang tajam dan kuat sedangkan Kopi Arabica rasanya lebih beragam, mulai dari manis yang lembut hingga kuat dan tajam (tergantung jenis kopinya). Acidity pada Kopi Arabica menyebabkan kualitasnya menjadi lebih tinggi daripada Kopi Robusta. Kopi Arabica dikenal dengan jenis kopi yang bercita rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi Robusta.
  2. Kadar Kafein: Kopi Robusta memiliki kadar kafein yang lebih tinggi dari Kopi Arabica (2 kali lipat) sehingga rasanya lebih pahit.
  3. Harga: Kopi Arabica dihargai dua kali lipat dari Kopi Robusta karena kualitas Kopi Arabica memang lebih baik dari Robusta.
  4. Lingkungan Produksi: Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian rendah sekitar 200-800 meter dari permukaan laut dan tidak mudah diserang hama. Sebaliknya, kopi arabika ditanam di ketinggian 600-2000 meter dari permukaan laut dan memerlukan lebih banyak perhatian khusus serta harus ditanam di daerah yang dingin dengan iklim sub tropik (15° – 24°C).
  5. Bentuk biji: Kopi Robusta berbentuk lebih bulat dan kecil sedangkan Kopi Arabica berbentuk lebih besar dan oval.
  6. Tinggi pohon: Kopi arabika biasanya tumbuh antara 2.5 – 4.5 meter, sedangkan kopi robusta tumbuh lebih tinggi yaitu hingga 4.5 – 6.5 meter.

Bagaimana Sobat Leite? Semoga sudah sedikit terbantu untuk mengerti perbedaan di antara keduanya. Biar lebih paham lagi, jangan lupa pesan Kopi Robusta dan Arabica yang disediakan oleh Leitecoffee.co ya?